KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK (KTPel)

    1. Persyaratan penerbitan KTP Elektronik baru adalah sebagai berikut :
  • Penduduk WNI dan Orang Asing dengan ijin tinggal tetap yang sudah berusia 17 tahun atau belum berusia 17 tahun tetapi sudah kawin/nikah atau sudah pernah kawin/nikah;
  • Telah melaksanakan perekaman KTP Elektronik di tempat-tempat pelayanan perekaman;
  • Surat keterangan telah melakukan perekaman KTP Elektronik dan membawa foto copy KK terbaru;

    2. Persyaratan penerbitan KTP Elektronik luar domisili adalah sebagai berikut :
  • Penduduk WNI dan Orang Asing dengan ijin tinggal tetap yang sudah berusia 17 tahun atau belum berusia 17 tahun tetapi sudah kawin/nikah atau sudah pernah kawin/nikah;
  • Telah melaksanakan perekaman KTP Elektronik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil daerah asal penduduk;
  • Surat keterangan telah melakukan perekaman KTP Elektronik dan membawa foto copy KK terbaru;

    3. Persyaratan penerbitan KTP Elektronik karena hilang atau rusak bagi WNI dan Orang Asing yang memiliki ijin tinggal tetap adalah sebagai berikut :
  • Surat keterangan kehilangan dari kepolisian
  • KTP Elektronik yang rusak;
  • Foto copy KK;
  • Foto copy paspor dan Ijin Tinggal Tetap
  • Sebab perpindahan: Surat Keterangan Pindah Keluar (SKDWNI)

    4. Persyaratan penerbitan KTP Elektronik karena pindah datang bagi penduduk WNI dan Orang Asing dengan ijin tinggal tetap adalah sebagai berikut :
  • Surat Keterangan Pindah WNI dan WNA/Keterangan Pindah Datang;
  • Surat keterangan datang dari luar negeri bagi penduduk WNI yang datang dari luar negeri karena pindah;
  • Foto copy KK terbaru;
  • KTP-el yang asli dari daerah asal;

    Sistem, Mekanisme dan Prosedur
  • Pemohon membawa surat keterangan sudah melaksanakan perekaman dan foto copy KK terbaru ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil;
  • Petugas operator menerima dan memverifikasi berkas persyaratan yang diajukan oleh pemohon;
  • Petugas operator mencetak KTP Elektronik;
  • Pemohon menerima KTP-el.

    Jangka Waktu Pelayanan : One day one service
    Biaya/Tarif : Tidak dikenakan biaya (gratis)

    Waktu Pelayanan
  • Senin - Kamis : 08.00 - 16.00 WIB
  • Jum’at : 08.00 - 16.30 WIB
  • Hari Sabtu, Minggu dan hari besar nasional libur

    Dasar Hukum
  • a. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan yang telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan;

  • b. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2019 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan.

  • c. Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2015 tentang Tata Cara Perubahan Elemen Data Penduduk Dalam Kartu Tanda Penduduk Elektronik.

  • d. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 96 Tahun 2018 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil.

  • e. Pertauran Daerah Kabupaten Bandung Barat Nomor 7 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan.
  • f. Peraturan Bupati Bandung Barat Nomor 43 Tahun 2016 tentang Peraturan Pelaksanaan Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan,